Minggu, 08 Desember 2013

Masalah Distribusi

Tugas Pengantar Bisnis Ke-5...


Masalah Distribusi

 
Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Seorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer). Setelah suatu produk dihasilkan oleh pabrik, produk tersebut dikirimkan (dan biasanya juga sekaligus dijual) ke suatu distributor. Distributor tersebut kemudian menjual produk tersebut ke pengecer atau pelanggan.

Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor yang menyalurkan atau menyampaikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. 
Distributor atau penyalur ini bekerja secara aktif untuk mengusahakan perpindahan, bukan hanya secaa fisik, tetapi dalam arti agar barang-barang tersebut dapat dibeli oleh konsumen, dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan atas penyaluran tersebut, seperti :

1.Letak geografis konsumen yang sangat besar. 
2. Waktu produk tersebut diproduksi tidak selalu bersamaan dengan waktu produk terseut dikonsumsi
3.Sifat produk sangat khusus sedangkan variasi keinginan konsumen sangat banyak. 
4. Produsen dan konsumen sulit untuk saling mengetahui dan berkomunikasi
5. Produksi dilaksanakan secara massal, sedangkan konsumsi dalam volume yang kecil
Kendala yang dihadapi perusahaan dalam mendistribusikan produknya datang dari sisi internal maupun eksternal. Dari sisi internal kendala dapat berasal dari kebijakan yang dikeluarkan perusahaan menyangkut distribusi dan pelayanan, serta sarana-prasarana penunjang dalam distribusi. Sedangkan dari sisi eksternal, kendala dapat berasal dari cara pendistribusian dan tempat yang dituju dan konsumen.

Masalah yang sering terjadi dalam distribusi seperti,:
1) Pemilihan saluran distribusi yang digunakan 
      Masalah pemilihan ini sangat penting sebab kesalahan dalam pemilihan saluran yang dipergunakan dapat memperlambat atau menghambat usaha penyaluran barang atau jasa yang dihasilkan yang telah disesuaikan dengan selera konsumen, tetapi jika saluran distribusi yang dipergunakan tidak mempunyai kemampuan, tidak mempunyai inisiatif dan kreatif serta kurang bertanggung jawab dalam menciptakan transaksi, maka usaha untuk penyaluran akan mengalami kelambatan dan kemacetan. Oleh karena itu pengaruhnya sangat besar terhadap kelancaran penjualan, maka masalah saluran distribusi harus benar-benar dipertimbangkan.
2) Sifat barang yang diproduksi
            Sifat barang itu sendiri dapat dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk menetapkan saluran distribusi yang harus ditempuh. Sifat barang ini dapat berupa cepat tidaknya barang tersebut mengalami kerusakan. Barang yang cepat rusak misalnya sayuran, susu segar, cenderung menggunakan saluran distribusi yang pendek atau langsung. 
3) Biaya 
              Secara umum mata rantai saluran distribusi yang terlalu panjang akan menimbulkan biaya yang lebih besar dan mendorong harga jual yang tinggi dan selanjutnya dapat mengganggu kelancaran penjualan barang-barang tersebut. Untuk menekan harga harga penjualan, maka perusahaan harus rela untuk mendapatkan keuntungan yang tipis atau mengusahakan agar komisi dari mata rantai tersebut menjadi lebih kecil.
4) Jumlah setiap kali penjualan
                 Suatu barang tertentu mungkin setiap kali penjualan dilakukan dalam jumlah yang relatif besar meskipun jumlah konsumennya relatif kecil. Misalnya bahan-bahan bangunan, untuk barang seperti ini, perusahaan cenderung menggunakan mata rantai saluran distribusi pendek, sebab dengan cara ini harga jual kepada konsumen dapat ditekan serendah-rendahnya. Untuk penjualan langsung kepada konsumen, perusahaan biasanya menawarkan langsung kepada pabrik yang bersangkutan atau bila tidak langsung biasanya melalui perantara atau makelar. Untuk penjualan yang ditujukan kepada konsumen perorangan perusahaan langsung menjual kepada pengecer.
 

0 komentar:

Posting Komentar