Kamis, 05 Desember 2013

Masalah Penjualan

Tugas Pengantar Bisnis Ke-2

Masalah Penjualan



Kali ini saya ingin membahas tentang masalah penjualan, yang sebelumnya saya juga telah membahas tentang masalah pemasaran. Mungkin, banyak yang mengira bahwa pemasaran dan penjualan itu sama. Tetapi sebenarnya pemasaran dan penjualan itu berbeda. Sebelum saya membahas tentang masalah penjualan lebih lanjut, saya akan menjelaskan perbedaa antara pemasaran dan penjualan terlebih dahulu.
Perbedaan antara Pemasaran dengan Penjualan yang lainnya:
             Pemasaran lebih mempriorotaskan kebutuhanan para konsumen sebelum membangun sebuah barang/ produk dengan megutamakan barang tersebut dan dapat memuaskan kebutuhan para konsumen dengan jangka yang panjang. sedangkan penjualan lebih di fokus kan kepada layanan dengan langsung berinteraksi dengan cara memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, dan mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen. hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan pelanggan konsumen sebanyak mungkin penjualan dengan sedikit kepuasan konsumen/pelanggan serta untuk mencari keuntungan atau laba
Konsep Penjualan => sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai denngan supply yang diajukan.
Konsep Pemasaran => perusahaan menjajaki apa yang diinginkan oleh konsumen dan kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan konsumen dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan supply mereka untuk memenuhi permintaan konsumen.

Kegiatan penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:
1.      Kondisi dan Kemampuan Penjual
Transaksi jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada prinsipknya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihal pertama dan pembeli sebagai pihak kedua.
2.      Kondisi Pasar
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya.
3.      Modal
Akan lebih sulit bagi penjual untuk menjual barangnya apabila barang yang dijual tersebut belum dikenal oleh calon pembeli, atau apabila alokasi pembeli jauh dari tempat penjual. Dalam keadaan seperti ini, penjual harus memperkenalkan dulu produknya dan membawa barang­nya ke tempat pembeli.
4.      Kondisi Organisasi Perusahaan
Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ini ditangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan) yang dipegang orang-orang tertentu/ahli di bidang penjualan. Lain halnya dengan perusahaan kecil dimana masalah penjualan ditangani oleh orang yang juga melakukan fungsi-fungsi lain.
5.      Faktor Lain
Faktor-faktor lain, seperti: penarikan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, seiring mempengaruhi penjualan. Dari beberapa pengertian penjualan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Penjualan adalah penyerahan barang dan jasa atau aktivitasnya lainnya dalam periode tertentu dengan membebankan suatu jumlah tertentu kepada langganan atau konsumen.

Masalah-masalah yang akan muncul dalam penjualan suatu produk antara lain:
1)Penentuan jalur distribusi yang paling efektif dan efisien.

Penentuan jalur distribusi kerap menjadi permasalahan dalam penjualan, karena apabila terjadi kesalahan dalam pemilihan jalur pendistribusian akan menghambat proses penjualan kepada konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus lebih teliti dan bijak dalam memilih jalur pendistribusian yang tepat.
2)Menentukan atau mencari metode penjualan yang paling murah biayanya dan tepat sasaran.

Menentukan metode penjualan juga penting untuk proses penjualan yang akan dilakukan, dalam memilih metode penjualan harus yang tepat dan juga tidak memakan biaya yang relatif mahal karena hal itu akan membuat pengeluaran produksi lebih banyak.
3)Persepsi masyarakat atau calon konsumen/pembeli terhadap produk yang dipasarkan.

Produk yang dijual atau yang ditawarkan kepada konsumen juga harus berkualitas dan sesuai dengan harga penjualan yang ditawarkan. Tentunya perusahaan harus bisa mendapat respon dan tanggapan yang positif dari masyarakat mengenai produk yang dijualnya.
4)Bagaimana perusahaan dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk yang mereka pasarkan atau jual.
5)Ancaman dari produk perusahaan pesaing.

Tentunya dalam penjualan terdapat pesaing disekitar perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus dapat meyakinkan dan mengambil hati masyarakat tentang produk yang diproduksinya itu dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

waw

Posting Komentar