Tugas Pengantar Bisnis Ke-2
Masalah Penjualan
Kali ini saya ingin membahas tentang masalah penjualan, yang sebelumnya saya juga telah membahas tentang masalah pemasaran. Mungkin, banyak yang mengira bahwa pemasaran dan penjualan itu sama. Tetapi sebenarnya pemasaran dan penjualan itu berbeda. Sebelum saya membahas tentang masalah penjualan lebih lanjut, saya akan menjelaskan perbedaa antara pemasaran dan penjualan terlebih dahulu.
Perbedaan
antara Pemasaran dengan Penjualan yang lainnya:
Pemasaran lebih mempriorotaskan kebutuhanan para konsumen sebelum membangun sebuah barang/ produk dengan megutamakan barang tersebut dan dapat memuaskan kebutuhan para konsumen dengan jangka yang panjang. sedangkan penjualan lebih di fokus kan kepada layanan dengan langsung berinteraksi dengan cara memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, dan mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen. hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan pelanggan konsumen sebanyak mungkin penjualan dengan sedikit kepuasan konsumen/pelanggan serta untuk mencari keuntungan atau laba
Pemasaran lebih mempriorotaskan kebutuhanan para konsumen sebelum membangun sebuah barang/ produk dengan megutamakan barang tersebut dan dapat memuaskan kebutuhan para konsumen dengan jangka yang panjang. sedangkan penjualan lebih di fokus kan kepada layanan dengan langsung berinteraksi dengan cara memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, dan mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen. hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan pelanggan konsumen sebanyak mungkin penjualan dengan sedikit kepuasan konsumen/pelanggan serta untuk mencari keuntungan atau laba
Konsep
Penjualan => sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan
aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti
bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai denngan supply
yang diajukan.
Konsep
Pemasaran => perusahaan menjajaki apa yang diinginkan oleh konsumen dan
kemudian berusaha mengembangkan produk yang akan memuaskan keinginan konsumen
dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan supply mereka
untuk memenuhi permintaan konsumen.
Kegiatan penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:
1.
Kondisi dan Kemampuan Penjual
Transaksi jual
beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada
prinsipknya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihal pertama dan
pembeli sebagai pihak kedua.
2.
Kondisi Pasar
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau pihak
yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan
penjualannya.
3.
Modal
Akan lebih sulit bagi penjual untuk menjual
barangnya apabila barang yang dijual tersebut belum dikenal oleh calon pembeli,
atau apabila alokasi pembeli jauh dari tempat penjual. Dalam keadaan seperti
ini, penjual harus memperkenalkan dulu produknya dan membawa barangnya ke
tempat pembeli.
4.
Kondisi Organisasi Perusahaan
Pada perusahaan besar, biasanya masalah
penjualan ini ditangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan) yang dipegang
orang-orang tertentu/ahli di bidang penjualan. Lain halnya dengan perusahaan
kecil dimana masalah penjualan ditangani oleh orang yang juga melakukan
fungsi-fungsi lain.
5.
Faktor Lain
Faktor-faktor lain,
seperti: penarikan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, seiring mempengaruhi
penjualan. Dari beberapa pengertian penjualan diatas, dapat ditarik
kesimpulan bahwa Penjualan adalah penyerahan barang dan jasa atau aktivitasnya
lainnya dalam periode tertentu dengan membebankan suatu jumlah tertentu kepada
langganan atau konsumen.
Masalah-masalah yang akan muncul dalam penjualan suatu produk antara lain:
1)Penentuan jalur distribusi yang paling efektif dan efisien.
Penentuan jalur distribusi kerap menjadi permasalahan dalam penjualan, karena apabila terjadi kesalahan dalam pemilihan jalur pendistribusian akan menghambat proses penjualan kepada konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus lebih teliti dan bijak dalam memilih jalur pendistribusian yang tepat.
2)Menentukan atau mencari metode penjualan yang paling murah biayanya dan tepat sasaran.
Menentukan metode penjualan juga penting untuk proses penjualan yang akan dilakukan, dalam memilih metode penjualan harus yang tepat dan juga tidak memakan biaya yang relatif mahal karena hal itu akan membuat pengeluaran produksi lebih banyak.
3)Persepsi masyarakat atau calon konsumen/pembeli terhadap produk yang dipasarkan.
Produk yang dijual atau yang ditawarkan kepada konsumen juga harus berkualitas dan sesuai dengan harga penjualan yang ditawarkan. Tentunya perusahaan harus bisa mendapat respon dan tanggapan yang positif dari masyarakat mengenai produk yang dijualnya.
4)Bagaimana perusahaan dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk yang mereka pasarkan atau jual.
5)Ancaman dari produk perusahaan pesaing.
Tentunya dalam penjualan terdapat pesaing disekitar perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus dapat meyakinkan dan mengambil hati masyarakat tentang produk yang diproduksinya itu dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.
Masalah-masalah yang akan muncul dalam penjualan suatu produk antara lain:
1)Penentuan jalur distribusi yang paling efektif dan efisien.
Penentuan jalur distribusi kerap menjadi permasalahan dalam penjualan, karena apabila terjadi kesalahan dalam pemilihan jalur pendistribusian akan menghambat proses penjualan kepada konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus lebih teliti dan bijak dalam memilih jalur pendistribusian yang tepat.
2)Menentukan atau mencari metode penjualan yang paling murah biayanya dan tepat sasaran.
Menentukan metode penjualan juga penting untuk proses penjualan yang akan dilakukan, dalam memilih metode penjualan harus yang tepat dan juga tidak memakan biaya yang relatif mahal karena hal itu akan membuat pengeluaran produksi lebih banyak.
3)Persepsi masyarakat atau calon konsumen/pembeli terhadap produk yang dipasarkan.
Produk yang dijual atau yang ditawarkan kepada konsumen juga harus berkualitas dan sesuai dengan harga penjualan yang ditawarkan. Tentunya perusahaan harus bisa mendapat respon dan tanggapan yang positif dari masyarakat mengenai produk yang dijualnya.
4)Bagaimana perusahaan dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk yang mereka pasarkan atau jual.
5)Ancaman dari produk perusahaan pesaing.
Tentunya dalam penjualan terdapat pesaing disekitar perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus dapat meyakinkan dan mengambil hati masyarakat tentang produk yang diproduksinya itu dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.
1 komentar:
waw
Posting Komentar